Sungguh-sungguh

Menurut KBBI [Kamus Besar Bahasa Indonesia]. Sungguh berarti benar atau betul (cocok dengan keadaan yang sebenarnya, tidak bohong). Selanjutnya sungguh-sungguh berarti tidak main-main; dengan segenap hati; dengan tekun; benar-benar: pekerjaan itu dilaksanakan. Sedangkan bersungguh-sungguh v [1] berusaha dengan sekuat-kuatnya (dengan segenap hati, dengan sepenuh minat): jika bersungguh-sungguh pasti tercapai juga cita-citamu itu; [2] sungguh-sungguh: saya yakin dia bersungguh-sungguh dengan ucapannya.

Begitupun dengan berbagai aktivitas yang kita lakukan hanya memiliki dua pilihan, yang pertama adalah sungguh-sungguh sedangkan yang kedua main-main. Singkatnya, mau yang sungguhan [benaran] atau mau mainan [bohongan]. Dan ketika kita tidak mampu melakukan aktivitas ibadah dengan bersungguh-sungguh maka secara sadar maupun tak sadar kita sedang beribadah dengan bermain-main.

Ada baiknya kita renungi kembali tingkat kesungguhan kita dalam beribadah kepada Allah, sudah sungguh-sungguh kah atau masih main-main.

[Al Anbiyaa' :55]
Mereka menjawab: "Apakah kamu datang kepada kami dengan sungguh-sungguh ataukah kamu termasuk orang-orang yang bermain-main?"

[Al Insyiqaaq :6]
Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya.

[Al Israa' :19]
Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.

[Thaahaa :75-76]
[75]. Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal saleh, maka mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia), [76]. (yaitu) syurga 'Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).

BOOKSearch: BEST SELLER BOOKS AND HOT NEW RELEASES? monggo :) KLIK DISINI (:   ««  Cara mudah cari referensi pustaka

Related Post



0 Komentar:

Posting Komentar

 
 

POPULAR Detak Hidup

KOMEN Detak Hidup

BACA Detak Hidup

 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner